Para pengguna situs wisata terkemuka dunia TripAdvisor memilih Bali sebagai Destinasi Wisata Terbaik Dunia 2017. Informasi tersebut disampaikan manajemen TripAdvisor melalui siaran pers tertulis pada tanggal 21 Maret 2017 yang baru lalu. Klik disini untuk membaca siaran pers tersebut. Dalam siaran pers tersebut TripAdvisor juga menobatkan Kota New York sebagai destinasi wisata terbaik di Amerika Serikat untuk tahun yang sama. Meskipun demikian Meskipun demikian, kota tersebut gagal meraih tempat tertinggi dan hanya berada di urutan ke-5 dalam daftar destinasi wisata terbaik dunia.

Tahun ini Bali menggeser London dari posisi teratas daftar bergengsi tersebut. Ibu Kota Inggris yang memang selalu bercokol di papan atas dari tahun ke tahun itu turun ke posisi kedua. Disusul kota-kota lain di Eropa yaitu Paris di urutan ketiga dan Roma di urutan ke-4. Sementara Bali merupakan pendatang baru. Kemunculan Bali di daftar bergengsi ini diawali pada tahun 2015, tetapi hanya diwakili oleh Ubud yang berada di posisi ke-15. Posisi Ubud naik ke urutan ke-10 pada tahun 2016.

Jadi kemunculan Bali yang tiba-tiba menyodok ke posisi teratas merupakan sesuatu yang mengejutkan. Selama ini Bali lebih sering muncul di daftar-daftar turunan seperti “Top 25 Island Destination” alias destinasi wisata pulau terbaik, atau “Top 25 Destination – Asia” atau destinasi wisata terbaik Asia. Sebagai pemuncak daftar utama, tentunya Bali juga menempati posisi teratas daftar-daftar turunannya yang relevan seperti daftar destinasi wisata terbaik Asia, dan daftar destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Pemuncak daftar destinasi wisata terbaik dunia versi TripAdvisor dari tahun ke tahun adalah sebagai berikut:

  • 2013 Paris, Perancis
  • 2014 Istanbul, Turki
  • 2015 Marrakech, Maroko
  • 2016 London, Inggris
  • 2017 Bali, Indonesia

Daftar lengkap Top 25 Destinations – World dapat dilihat disini.

Destinasi Wisata Terbaik Asia 2017

Pesaing terdekat pariwisata Bali yang sama-sama menawarkan pantai-pantai tropis dan sama-sama berada di kawasan Asia, Phuket yang berada di Thailand, untuk pertama kalinya juga masuk ke dalam daftar ini pada urutan ke-10. Sementara Bankok, destinasi wisata Thailand lain yang menawarkan daya tarik tradisi dan budaya seperti Bali yang merupakan “langganan” yang sejak tahun 2013 selalu masuk ke dalam daftar ini justru tersigkir. Destinasi wisata Asia yang menawarkan tradisi budaya sebagai daya tarik utama yang masuk ke dalam daftar ini adalah Siem Reap di Cambodia yang berada di posisi ke-8, dan Hoi An di Vietnam yang berada di urutan ke-13.

Destinasi wisata Indonesia lain yang masuk ke dalam daftar Destinasi Wisata Terbaik Asia 2017 adalah Lombok yang berada di urutan ke-9. Sayangnya pulau wisata yang letaknya persis berdampingan dengan Bali itu tidak masuk ke dalam daftar Destinasi Wisata Terbaik Dunia 2017. Sayangnya popularitas Bali dan Lombok ini belum dapat diimbangi destinasi-destinasi wisata lain di tanah air. Dalam daftar Daftar Destinasi Wisata Terbaik Asia 2017, Indonesia hanya menempatkan Bali dan Lombok saja. Sementara itu Thailand berhasil menempatkan 5 destinasi, India 4 destinasi, dan Vietnam 3 destinasi.

Daftar lengkap Top 25 Destinations – Asia dapat dilihat disini.

Author: admin