Hotel di Kuta memang sangat banyak, tetapi banyak pilihan tidak berarti membuat kita jadi mudah untuk memilih. Iklan yang dibuat oleh pengelola hotel tidak bisa dijadikan pegangan karena fihak pengelola pastilah mengedepankan sisi yang baik saja. Agen perjalanan sering kali juga tidak memberikan pendapat yang obyektif karena biasanya hotel-hotel berlomba-lomba menawarkan komisi besar untuk mendapatkan booking sebanyak-banyaknya. Sekarang sumber informasi yang lebih dipercaya adalah review online, berupa penilaian yang diberikan terhadap hotel tertentu oleh mereka yang pernah menginap di hotel tersebut. Kalau yang me-review hanya satu, dua, atau beberapa orang, mungkin kita bisa befikir “Ah, paling juga bikin-bikinan pengelola hotel …” Tapi kalau review yang diberikan mencapai puluhan bahkan ratusan, tentunya lebih meyakinkan. Untuk masalah yang satu ini, Tripadvisor sebagai pionir dan pemimpin pasar merupakan portal yang paling sering dijadikan acuan. Selain banyaknya hotel yang di-review dan banyaknya pengguna yang me-review, portal ini juga memiliki mekanisme yang cukup ketat untuk memastikan bahwa mereka yang me-review benar-benar memberikan pendapat sesuai pengalamannya sendiri.

jumlah-hotel-di-kuta-menurut-tripadvisorMengapa Memilih Hotel di Kuta?

Mungkin anda berfikir “Kebalik tuh pertanyaannya!” Ada benarnya, karena bagi banyak wisatawan yang berkunjung ke Bali, mereka tidak tertarik untuk memilih kawasan lain untuk menginap. Ada banyak alasan wisatawan lebih memilih hotel di Kuta dibanding kawasan-kawasan lain di Bali. Sebagai kawasan wisata paling populer, semua kebutuhan selama menginap bisa didapatkan dengan mudah. Toko, restoran, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, bahkan untuk mereka yang ingin memastikan keamanannya tetap terjamin saat berlibur, klinik kesehatan dan rumah sakit pun banyak dan mudah dijangkau. Pantai Kuta bukan hanya menawarkan panorama yang indah sepanjang hari tetapi juga beragam aktivitas. Hampir semua wisatawan yang tertarik dengan surfing alias berselancar belajar di Pantai Kuta. Kalau pantai sudah terlalu terik untuk kebanyakan kita orang Indonesia yang takut warna kulit menggelap karena terbakar matahari, tinggal masuk ke salah satu mall untuk ngadem sekalian cuci mata.

Cari Hotel Di Kuta

Pilihan hotel di Kuta juga sangat banyak. Ada banyak opsi dengan parameter apapun kita mengukur. Soal harga biasanya merupakan salah satu parameter paling banyak menjadi perhatian saat kita memilih tempat menginap. Kalau mau berhemat kita bisa mendapatkan kamar hotel dengan harga kurang dari seratus ribu per malam. Tapi banyak juga hotel yang membuat tamunya rela merogoh saku dalam-dalam untuk mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk hal yang sama, menginap semalam. Mau hotel yang berdekatan atau bahkan menyatu dengan pusat perbelanjaan, mau hotel yang menawarkan ketenangan dan privacy, mau hotel yang memiliki tempat hiburan malam sendiri. Kita bahkan bisa dengan mudah memilih hotel yang sarapan gratisnya lebih sesuai dengan selera kita, roti ala barat atau nasi goreng ala Indonesia misalnya. Dibagi dalam beberapa kategori, Tripadvisor sendiri mecatat ada ratusan penginapan di kawasan Kuta. Lengkapnya sebagai berikut: 224 hotel, 175 specialty lodging, dan 456 vacation rental. Silahkan dihitung sendiri jumlahnya.

Selain itu Kuta memiliki posisi yang strategis, berada di tengah-tengah sejumlah kawasan wisata utama di Bali Selatan seperti Nusadua, Jimbaran, Seminyak, Canggu, dan Sanur. Posisi ini juga memudahkan akses ke tempat-tempat wisata lain yang lebih jauh di Bali seperti Lovina di utara, Candidasa dan Amed di timur, serta Pemuteran dan Taman Nasional Bali Barat di ujung barat pulau Bali.

Hotel Terbaik Di Kuta Menurut Tripadvisor

Memilih diantara sekian banyak dengan pengetahuan yang sangat terbatas pastinya tidak mungkin. Apalagi biasanya kita memilih dan memesan hotel secara online, jauh-jauh hari sebelum kita datang untuk menginap. Sudah bukan jamannya lagi kita memilih hotel dengan cara go-show alias keluar masuk hotel, melihat sendiri kamarnya, untuk kemudian check-in saat itu juga. Disitulah review Tripadvisor membantu. Gambar di bawah menunjukkan bahwah Hotel Radhana merupakan hotel terbaik di Kuta dengan menduduki ranking teratas dari 224 hotel yang tercatat di Tripadvisor sesuai dengah hasil penilaian dari 196 pengguna. Untuk saat ini, dari 224 penginapan yang masuk dalam kategori hotel di Kuta, Tripadvisor menunjukkan bahwa Hotel Radhana merupakan hotel terbaik di Kuta. Tentunya kita tahu bahwa yang menentukan bukanlah Tripadvisor, tetapi para pengguna yang pernah menginap di hotel tersebut. Kesimpulan itu juga bukan dihitung dari pengalaman satu atau dua orang pengguna saja, tetapi 196 orang. Dari 196 pengguna itu, 112 memberikan skor 5 alias “excellent” dan 29 memberikan skor 4 alias “very good”, hanya 12 orang yang memberikan skor di bawah itu.

review-hotel-di-kuta-terbaik-menurut-tripadvisor

Mengapa Pengguna Tripadvisor Memilih Rhadana Sebagai Hotel Terbaik di Kuta?

Menilik pengalaman yang dibagi para pengguna yang me-review Hotel Rhadana Kuta, rata-rata menyatakan bahwa hotel tersebut sangat nyaman. Lokasinya yang agak jauh dari keramaian tetapi masih tetap mudah untuk dijangkau dianggap sebagai nilai plus, karena cukup dekat sehingga mudah untuk mencapai pantai dan pusat keramaian tapi cukup jauh sehingga saat beristirahat di hotel tetap terasa tenang. Banyak pengguna juga menyukai gaya dekorasinya yang dianggap mewakili jiwa muda modern. Sementara hal yang paling banyak disebut adalah kualitas pelayanan dan keramahan para karyawannya.

book-hotel-rhadana-kuta-bali

Berada di dekat persimpangan dimana Jalan Raya Kuta bertemu dengan Jalan Pantai Kuta, perlu waktu sekitar 10 menit berkendara untuk mencapai Pantai Kuta, tepatnya gerbang pantai yang berada persis di pojok tikungan di depan Hard Rock Beach Club. Bukan karena jaraknya terlalu jauh, tetapi pengaturan lalu lintas di kawasan itu memaksa kendaraan untuk berputar. Dengan berjalan kaki, waktu yang dihabiskan untuk mencapai Pantai Kuta kurang lebih sama, sekitar 10 menit, karena jaraknya lebih dekat. Dengan berjalan kaki kita bisa mengambil jalan langsung menyusuri Jalan Pantai Kuta, tidak harus memutar seperti kendaraan. Kawasan tersebut lebih banyak dipenuhi hunian dan penginapan, bukan kawasan komersial yang dijejali toko, restoran, dan tempat hiburan, jadi untuk beristirahat di malam hari pastinya masih terasa senyap dan tenang. Tapi untuk mencapai titik-titik keramaian sangat mudah, tinggal berjalan kaki beberapa menit.

rhadana-hotel-di-kuta-bali-interior-musik-queen-1

Dengan harga yang relatif terjangkau, mulai dari 300-ribuan per malam, Hotel Rhadana menawarkan fasilitas yang setara dengan hotel-hotel yang lebih mahal. Untuk mereka yang malas mencari makan diluar hotel, tersedia restoran yang nyaman dengan menu yang bervariasi. Restoran di Hotel Rhadana juga merupakan salah satu restoran halal di Bali yang dikuatkan oleh sertifikat MUI. Untuk mereka yang tetap ingin menjaga kebugaran selama berlibur tersedia kolam renang yang cukup besar dan pusat kebugaran degan peralatan yang cukup lengkap. Ada juga fasilitas perpustakaan yang nyaman baik untuk membaca buku yang kita bawa sendiri atau memilih dari koleksi buku dan majalah yang disediakan. Hotel Rhadana juga tidak hanya memanjakan tamu-tamu yang datang untuk berlibur saja. Tersedia ruang pertemuan dengan ukuran besar dan kecil untuk kebutuhan pertemuan bisnis dan acara-acara lain dengan perlengkapan yang mumpuni.

Tapi yang paling menarik perhatian dari Hotel Rhadana ini adalah rancangan interiornya. Interior masing-masing kamar dirancang secara tematis dan individual, dimana tidak ada dua kamar yang memiliki interior sama persis. Seluruh kamar yang terdiri dari tiga kelas yang masing-masing disebut business, premium, dan studio ini hadir di dalam lima tema berbeda. Tema musik menampilkan rasa dari beberapa aliran musik berbeda yang diwakili musisi terkemuka pada masanya, diantaranya The Beatles, Santana, Bob Marley, dan Queen. Tema hobi mencakup sejumlah aktivitas petualangan populer seperti sepeda gunung dan surfing. juga ada hobi otomotif yang menampilkan Harley-Davidson, Vespa, dan VW. Tema destinasi wisata menampilkan kota-kota dan tempat tempat wisata menarik di tanah air. Perlu digarisbawahi, yang ditampilkan adalah tempat-tempat menarik di tanah air, disengaja atau tidak menunjukkan kecintaan terhadap Indonesia. Tema penerbangan seperti judulnya mengetengahkan pesawat, untuk pesawat komersial ada Garuda dan Citilink, sementara itu ada juga pesawat-pesawat lain. Terakhir adalah tema romantis yang tanpa perlu dijelaskan pasti sudah tertangkap maksudnya.

Hotel Rhadana Merupakan Hotel Islami di Bali

rhadana-hotel-di-kuta-bali-mushallaBali memang berbeda dengan kebanyakan wilayah lain di Indonesia. Jika di Indonesia secara umum 95% penduduknya menganut Agama Islam, di Pulau Bali yang merupakan satu propinsi tersendiri justru sebaliknya, 95% penduduknya memeluk Agama Hindu. Salah satu perbedaan yang mencolok diantara kedua keyakinan tersebut adalah soal makanan, dimana kebanyaka penganut Agama Hindu terbiasa mengkonsumsi daging babi yang justru diharamkan dalam Agama Islam. Meskipun Umat Hindu di Bali sama tolerannya dengan penganut agama lain di tanah air, karena jumlah penduduk beragama Islam di Bali relatif sedikit, fasilitas peribadahan untuk Umat Islam juga tidak sebanyak di tempat-tempat lain. Keberadaan mesjid tidak sebanyak di kota-kota lain di Indonesia, demikian juga fasilitas seperti mushalla di tempat-tempat umum.

Hotel Radhana mengedepankan keberadaanya sebagai salah satu dari sedikit hotel Islami di Bali, dan predikat tersebut bukan hanya klaim sefihak dari pengelola hotel karena memang disahkan dengan sertifikat dari Majelis Ulama Indonesia. Beberapa yang perlu dicatat diantaranya adalah makanan yang disajilan di restoran milik Hotel Radhana dijamin halal. Selain itu hotel ini tidak menyediakan minuman beralkohol yang juga diharamkan dalam Agama Islam. Fasilitas untuk peribadahan Umat Islam juga tersedia. Selain ada mushalla yang bersih dan cukup representatif, untuk para tamu juga disediakan sajadah, kain dan mukena, bahkan Kitab Suci Al Quran. Tentunya tanda penunjuk arah qiblat juga terpasang di semua kamar di hotel ini.

Jadi Umat Islam yang ingin berlibur ke Bali dan merasa ragu dengan kehalalan makanan, takut kesulitan menemukan tempat yang cukup bersih untuk beribadah, bisa menjadikan Hotel Rhadana sebagai pilihan. Tentunya mereka yang beragama lain juga mendapatkan perlakuan yang sama di hotel ini.

Author: admin