Informasi Wisata Mandalika – Lombok

Tidur panjang sang putri berakhir sudah. Dengan pembangunan fasilitas wisata dan gempuran program pemasaran yang demikian masif, Mandalika kini bangkit menjadi primadona wisata baru, bukan hanya bagi Lombok tetapi juga bagi Indonesia.

Dalam legenda yang dipercayai masyarakat setempat, Mandalika adalah nama seorang putri yang tidak hanya jelita parasnya tetapi juga sangat baik hatinya. Sayangnya anugerah kecantikan itu justru membawa petaka membuat banyak pemuda menginginkannya. Akhirnya untuk mencegah perpecahan, Putri Mandalika memilih untuk menceburkan diri ke laut dan tidak pernah ditemukan lagi.

Legenda memang tidak ada dasar sejarahnya. Tetapi entah ada hubungannya atau tidak, kawasan Mandalika memang memiliki kecantikan yang luar biasa. Bahkan sebelum dicanangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisatapun sudah banyak wisatawan yang rela menempuh perjalanan jauh untuk sekedar menikmati kecantikannya.

Dapatkan informasi wisata Mandalika lengkap dengan aneka produk pariwisata yang tersedia di Mandalika dan sekitarnya.

Tempat Wisata di Mandalika

Sebagai tempat tujuan wisata papan atas, Mandalika masih perawan. Karena itu sumber informasi wisata Mandalika juga relatif masih terbatas. Beberapa tahun lalu, wisatawan yang datang ke kawasan ini didominasi kaum backpacker yang memang mencari tempat wisata yang masih alami. Sekarang meskipun Mandalika sudah mulai memiliki fasilitas wisata kelas dunia, daya tarik wisata di sekitar Mandalika masih tetap bertema alami. Sebagian besarnya pantai-pantai jelita yang tenang dan damai.

Informasi Wisata Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta

Pantai Kuta Lombok atau dikenal juga dengan nama Mandalika Resort ini merupakan objek wisata di Mandalika yang sangat hits di kalangan wisatawan Lombok. Pantai ini bisa dibilang iconnya Lombok Tengah.

Pantai yang memiliki nama seperti nama sebuah pantai yang ada di Bali ini memiliki pemandangan yang indah. Berbeda dengan pantai Bali yang selalu ramai wisatawan, pantai Kuta Lombok ini cenderung sepi sehingga serasa pantai pribadi. Disini juga terdapat Bukit bernama Bukit Mandalika.

Lokasi Pantai Kuta Lombok atau Mandalika Resort ini berada di Kuta, Pujut. Buat kamu yang ingin menikmati keindahan pantai Kuta Lombok sejauh ini belum ada biaya retribusi alias gratis. Jam operasionalnya 24 jam.

Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan

Tempat wisata menarik di Mandalika yang harus masuk daftar liburan kamu yaitu Pantai Tanjung Aan. Pantai ini unik karena memiliki garis pantai yang menyerupai bentuk bulan sabit. Selain itu, karakter air yang sangat jernih dimana sekelilinginya dihiasi bebukitan hijau yang begitu menyegarkan mata.

Pantai Tanjung Aan berada sekitar 8 kilo meter dari Kuta Mandalika, tepatnya di Desa Pengembur, Sengkol, Pujut. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Tanjung Aan dikenai biaya retribusi Rp5000/motor dan Rp10.000/mobil. Jam operasional 24 jam.

Pantai Seger Mandalika

Pantai Seger

Pantai Seger juga salah satu tempat wisata di Mandalika yang harus kamu explore keindahannya. Pantai yang sarat akan lagna Putri Mandalika ini juga dikenal dengan nama Pantai Lagenda Putri Nyale. Pantai ini menawarkan pesona pantai, alam hijau, dan sunset yang sungguh mengagumkan.

Bukan hanya itu, pantai ini juga menawarkan keindahan bawah laut yang begitu epik, cocok banget nih buat kamu yang suka snorkeling atau diving. Ombaknya yang cukup besar cocok juga buat kamu yang suka surfing.

Pantai Seger berada di Desa Sukadane, Pajut. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Seger dikenai biaya retribusi Rp5000 hingga Rp10.000. Jam operasional 24 jam.

Pantai Serenting Mandalika Lombok

Pantai Serenting

Pantai cantik yang juga rekomended untuk kamu kunjungi yaitu Pantai Serenting. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan pemandangan indah ini juga memiliki karakter ombak yang cukup besar sehingga asik buat para pecandu surfing.

Di pantai ini juga memililki event tahunan bernama Festival Bau Nyale yakni festival menangkap cacing laut guna memperingati cerita lagenda Putri Mandalika.

Buat kamu yang ingin menghabiskan liburan di Mandalika, pastikan untuk berkunjung ke Pantai Serenting. Lokasi Pantai Serenting ini berada di disisi timur pantai Seger, tepatnya di Kuta, Pajut.

Pantai Gerupuk Mandalika Lombok

Pantai Gerupuk

Buat kamu yang suka olahraga surfing, pantai Gerupuk juga bisa jadi pilihan tepat nih untuk kamu kunjungi. Pantai ini juga menyajikan hamparan pasir putih dan pemandangan bebukitan yang begitu eksotis.

Pantai ini cukup jauh lokasinya dari Kuta Mandalika, yakni sekitar 46 kilo meter, tepatnya di Jl. Pagutan Barat, Mataram, Kota Mataram. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Gerupuk sejauh ini hanya dikenai biaya parkir saja yaitu Rp10.000/mobil dan Rp20.000/bus.

Bukit Merese

Bukit Merese memiliki daya tarik yang bisa langsung membuat siapa saja jatuh cinta dengan pesonanya. Adapun hal-hal menarik yang bisa kamu jumpai disini yaitu pemandangan alam hijau yang bisa dinikmati dari ketinggian dan sejumlah spot foto intagenik.

Bukit Merese berada di diantara pantai Tanjung Aan dan Pantai Serenting atau sekitar 9 kilo meter dari pusat Kuta Mandalika, Jl. Kuta Lombok, Kuta. Biaya retribusi objek wisata ini sejauh ini masih gratis. Jam operasional dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore.

Pantai Batu Payung Mandalika

Batu Payung

Batu Payung ini salah satu destinasi wisata Mandalika yang juga tidak boleh kamu lewatkan. Tempat wisata ini bisa dikatakan salah satu icon Mandalika. Dinamakan Batu Payung karena karena bentukna menyerupai payung.

Bukan sekedar menawarkan pemandangan batu karang yang begitu artistik, Batu Payung juga menyajikan hamparan pantai yang begitu ektosis. Saat malam hari, langit tempat ini pun hiasi mikyway.

Buat kamu yang ingin berkungjung ke Batu Payung, lokasinya berada di kawasan Pantai Tanjung Aan, tepatnya jl. Kuta Lombok, Pujut. Buat kamu yang ingin menikmati keindahan pantai Kuta Lombok sejauh ini belum ada biaya retribusi alias gratis. Jam operasionalnya 24 jam.

Desa Adat Sade Mandalika Lombok

Desa Adat Sade

Buat kamu yang ingin mengenal lebih dekat dengan penduduk Lombok dan adat budayanya, kamu bisa berkunjung Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende.

Di desa Sade, kamu akan menjumpai bangunan-bangunan tradisional dengan adat budaya yang masih terjaga dengan baik. Begitu pula di Desa Adat Ende, di kawasan tersebut banyak bangunan khas suku sasat, adat dan budaya di desa tersebut juga masih terjaga dengan baik.

Lokasi Desa Adat Sade berada di kawasan Desa Rambitan, Pujut. Sementara lokasi Desa Adat Ende berada di Desa Sengkol, Pajut.

Desa Adat Ende

Ragam Pilihan Akomodasi di Mandalika dan Sekitarnya

Tijuan kita berwisata pastinya memang bukan untuk menginap di hotel, atau jenis akomodasi wisata lain. Tapi pilihan akomodasi yang nyaman bisa membuat liburan anda lebih berkesan, dan sebaliknya. Karena itu kami sediakan informasi wisata Mandalika lengkap termasuk fasilitas akomodasi seperti hotel dan villa di Mandalika dan sekitarnya. Sebagai destinasi wisata baru, memang pilihan akomodasi di Mandalika relatif terbatas. Karena itu justru jadi perlu lebih pinter-pinter milih!

Villa di Bali

Anda ingin menginap di villa saat berlibur di Mandalika? Sementara di Mandalika sendiri belum ada. Tapi di Kuta yang letaknya tidak jauh dari Mandalika, ada beberapa villa pribadi yang cukup mewah dan nyaman.

Novotel Lombok Resort & Villas Mandalika

Resor & Hotel Berbintang

Untuk saat ini baru ada satu fasilitas akomodasi berkelas resort di Mandalika. Tapi dalam waktu dekat akan ada beberapa resort baru yang sudah dibangun sejak beberapa tahun lalu mulai siap menerima tamu.

Hotel Kuta Paradise Lombok Mandalika

Hotel Murah

Bahkan untuk kelas inipun hotel di Mandalika bisa dibilang tidak ada. Tapi “pantai sebelah”, Kuta yang memang dari dulu sudah beken sebagai kawasan wisata backpacker, punya sangat banyak pilihan.

Hotel di Mandalika Lombok

Mandalika merupakan kawasan wisata yang baru dikembangkan. Kebanyakan fasilitas wisata masih dalam tahap pembangunan. Satu-satunya hotel di Mandalika yang cukup representatif dan sudah beroperasi adalah Novotel Lombok Resort & Villas. Tapi ada sejumlah hotel kelas dunia lain yang akan segera beroperasi di Mandalika, Pullman Lombok Mandalika Beach Resort, Paramount Lombok Resort & Residence, Hotel Royal Tulip, Grand Aston, serta Hotel Meria yang berkonsep syariah. Hampir semua pembangunannya dimulai pada tahun 2018-an dan diperkirakan akan selesai dan mulai beroperasi tahun 2021-2022.

Sementara itu, akomodasi terdekat bagi mereka yang ingin menghabiskan liburan di kawasan Mandalika ada di seputaran Pantai Kuta yang jaraknya hanya sekitar 2 sampai 3 kilometer menyusur pantai dari Mandalika.

Novotel Lombok Resort & Villas Mandalika

Novotel Lombok Resort & Villas

Hotel Bintang 4 di Mandalika dan Sekitarnya

Harga mulai Rp. 808.658 per malam.

Origin Lombok Hotel di Mandalika

Origin Lombok

Hotel Bintang 4 di Mandalika dan Sekitarnya

Harga mulai Rp. 237.500 per malam.

Jivana Resort Lombok

Jivana Resort Lombok

Hotel Bintang 4 di Mandalika dan Sekitarnya

Harga mulai Rp. 454.700 per malam.

Hotel Bau Nyale Kuta Lombok

Hotel Bau Nyale – Kuta

Hotel Bintang 3 di Mandalika dan Sekitarnya

Untuk sementara informasi harga tidak tersedia.

Hotel Sikara Lombok

Hotel Sikara – Kuta

Hotel Bintang 4 di Mandalika dan Sekitarnya

Harga mulai Rp. 367.005 per malam.

Mana Retreat Resort Hotel di Kuta Lombok

Mana Retreat – Kuta

Hotel Bintang 3 di Mandalika dan Sekitarnya

Untuk sementara informasi harga tidak tersedia.

Hotel Kuta Paradise Lombok Mandalika

Hotel Kuta Paradise – Kuta

Hotel Bintang 3 di Mandalika dan Sekitarnya

Harga mulai Rp. 570.000 per malam.

Martas Window Kuta

Hotel Martas Windows – Kuta

Hotel Bintang 3 di Mandalika dan Sekitarnya

Harga mulai Rp. 1.100.000 per malam.

Puri Rinjani Bungalows – Kuta

Hotel Bintang 3 di Mandalika dan Sekitarnya

Harga mulai Rp. 800.000 per malam.

Villa di Mandalika – Lombok

Dibandingkan hotel, villa biasanya memang lebih lambat masuk ke kawasan wisata baru. Jadi kalau hotel di Mandalika saja belum banyak, villa di Mandalika apalagi. Selain Novotel Lombok Resort & Villas yang mempunyai unit villa pribadi disamping kamar dalam berbagai kategori, jika anda ingin menginap di villa saat berlibur di Mandalika, pilihan terdekat adalah di sekitar Kuta, dimana ada beberapa resort menawarkan unit villa pribadi, ada juga beberapa villa pribadi yang disewakan untuk akomodasi wisata.

Villa Luna Kuta Lombok

Villa Luna – Kuta

3 kamar tdur, 3 kamar mandi, untuk maksimal 8 orang tamu dewasa. Dilengkapi kolam renang pribadi.
Lokasi: Jalan Pariwisata Pantai Kuta, Desa Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia , Kuta Lombok, Indonesia

Villa at Novotel Mandalika

Villa at Novotel – Mandalika

1 kamar tidur, 1 kamar mandi, untuk maksimal 2 orang tamu dewasa. Dilengkapi kolam renang pribadi selain semua fasilitas lain yang disediakan di lingkungan hotel.
Mandalika Resort Pantai Putri Nyale, Kuta, Pujut, Lombok, Nusa Tenggara Bar. 83573

Lotus at Jivana Resort Lombok

Villa Lotus at Jivana – Kuta

1 kamar tidur, 1 kamar mandi, untuk maksimal 2 tamu dewasa. Dilengkapi kolam renang pribadi.
Lokasi: Jl. Raya Kuta, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573

Villa Orchid at Jivana Resort Lombok

Villa Orchid at Jivana – Kuta

2 kamar tidur, 2 kamar mandi, untuk maksimal 4 tamu dewasa. Dilengkapi kolam renang pribadi.
Lokasi: Jl. Raya Kuta, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573

Villa Avalon at Jivana Resort Lombok

Villa Avalon at Jivana – Kuta

3 kamar tidur, 3 kamar mandi, untuk maksimal 6 tamu dewasa. Dilengkapi kolam renang pribadi.
Lokasi: Jl. Raya Kuta, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573

Villa Andama Kuta Lombok

Villa Andama – Kuta

3 kamar tidur, 3 kamar mandi, untuk maksimal 6 orang tamu dewasa. Dilengkapi kolam renang pribadi.
Jl. Baturiti I, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83573

Mandalika: Destinasi Wisata yang Masuk dalam Daftar 10 New Bali yang Sungguh Menggoda.

Bukan hanya sebagai tuan rumah Moto GP dan Superbike tahun 2021, Mandalika juga ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan juga masuk dalam daftar destinasi 10 New Bali.

Pekerjaan yang menumpuk tidak jarang membuat stres. Ya, stres. Penyakit satu ini bisa menyerang siapa saja, bahkan bukan hanya pada para pekerja saja. Orang yang patah hati, orang yang tidak punya uang, orang yang skripsinya selalu revisi juga sering diserang stres.

Jika sudah stres, biasanya orang yang mengalaminya akan mudah terpuruk dan tidak memiliki semangat untuk bangkit. Jika sudah begini, ada baiknya jangan dibiarkan terlalu lama karena stres pangkal dari berbagai penyakit, jantung salah satunya.

Salah satu bius ampun untuk meredakan stres yaitu dengan berlibur atau traveling. Ya, mungkin dipikiran kamu pernah terlintas ingin mencuri waktu untuk menikmati udara segar dengan berlibur melihat pemandangan alam. Liburan memang penting baik untuk kesehatan fisik maupun mental. Mungkin kamu pernah mendengar bahwa liburan atau traveling mampu membangkitkan energi positif sehingga mampu menekan stres.

Maka dari itu, sejumlah penelitian menyarankan agar meluangkan waktu untuk liburan atau traveling ke tempat-tempat menyegarkan, setidaknya 2 hingga 3 hari dalam sebulan. Misalnya: ke pantai, ke bukit, ke air terjun, maupun tempat-tempat menyegarkan lainnya.

Nah, salah satu tempat liburan yang cocok buat kamu yang sedang butuh banget tempat untuk menyegarkan pikiran atau meluruhkan stress juga penat yaitu Mandalika.

Masuk Daftar Destinasi 10 New Bali, Berikut Ini Pesona Mandalika yang Begitu Artistik

Stres berkepanjangan? Itu artinya kamu butuh liburan atau traveling. Yups, cobalah meluangkan untuk liburan; melepaskan segala beban pikiran yang membuat stres. Salah satu destinasi liburan yang recommended untuk kamu yang memang sedang butuh ketenangan atau sedang ingin menyegarkan pikiran yaitu Mandalika.

Jadi, Mandalika merupakan salah satu wilayah yang berada di Lombok Tengah, NTB (Nusa Tenggara Barat. Menariknya, Mandalika akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar Moto GP serta Superbike tahun 2021 nanti. Bukan hanya sebagai tuan rumah Moto GP dan Superbike tahun 2021, Mandalika juga ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan juga masuk dalam daftar destinasi 10 New Bali. Ya, tentu saja, Mandalika menyimpan beragam wisata yang begitu memanjakan mata.

Bagaimana tidak dinobatkan sebagai destinasi 10 New Bali oleh Kemenpar, Mandalika memang begitu memukau. Ada banyak hal memukau yang bisa kamu jumpai di Mandalika, Kuta Lombok misalnya saja. So, buat kamu yang akan menghabiskan waktu liburan di Mandalika, berikut ini beberapa tempat wisata menarik nan memukau yang bisa kamu jumpai di Mandalika. Simak baik-baik ya!

Perlu informasi wisata Mandalika? Hubungi 0816693372 Via Whatsapp.

Blog@Trava.ID: Ide, Tips, dan Aneka Artikel Menarik Lain

Jadikan setiap liburan sebagai pengalaman baru yang tak terlupakan! Temukan aneka artikel menarik dan informasi wisata Indonesia terbaru untuk memperkaya rencana liburan berikutnya di dalam blog kami. Bukan hanya sekedar travel blog Indonesia biasa, buktikan sendiri!

  • Bali Dibuka untuk Turis Asing

Bali Dibuka untuk Turis Asing

Kapan Bali dibuka untuk turis asing? Jawaban atas pertanyaan yang terus bergaung itu akhirnya datang juga. Memang masih dengan sejumlah pembatasan dan protokol ketat yang mungkin saja membuat calon wisatawan berfikir ulang. Tapi dalam keterpurukan [...]

  • Feeding Monyet di Bali

Feeding Monyet di Bali

Feeding monyet di Bali sejatinya bukan sesuatu yang harus dilakukan kalau saja daya dukung lingkungan masih cukup bagi mereka untuk mencari makan secara alami. Pandemi Covid-19 memperparah kesulitan mereka mendapatkan makanan, karena biasanya banyak wisatawan [...]

  • kopi khas bandung cita rasa klasik tempo doeloe

Kopi Khas Bandung yang Jadul Tapi Legendaris

Sejumlah merk Kopi khas Bandung yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda tetap berjaya sampai saat ini. Cita rasa klasik yang khas rupanya tetap bisa menjaga para penggemarnya untuk tidak berpindah ke lain hati. Bahkan [...]

  • Pidato Tentang Pariwisata Lombok

Pariwisata Lombok Terus Meningkat

Popularitas pariwisata Lombok mungkin memang masih belum bisa menyamai Bali. Pulau yang letaknya bersebelahan dan hanya terpisah selat ini merupakan langganan pemuncak daftar tempat wisata populer dunia. Apalagi sampai sekarang kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke [...]

  • Destinasi Wisata Terbaik Dunia 2017

Destinasi Wisata Terbaik Dunia 2017 Versi TripAdvisor Adalah Bali

Para pengguna situs wisata terkemuka dunia TripAdvisor memilih Bali sebagai Destinasi Wisata Terbaik Dunia 2017. Informasi tersebut disampaikan manajemen TripAdvisor melalui siaran pers tertulis pada tanggal 21 Maret 2017 yang baru lalu. Klik disini untuk [...]

  • Jadwal Mekepung Tahun 2017

Jadwal Mekepung Tahun 2017

Jadwal mekepung tahun 2017 di Bali, ada yang tahu apa itu? Dunia sekarang sedang hangat-hangatnya menyambut dimulainya gelaran tahunan balapan bergengsi MotoGP pada roda dua dan Formula 1 pada roda 4. Kebetulan seri pertama keduanya [...]

  • Sambal Mbe Kuliner Khas Bali

2 Sambal Pelengkap Kuliner Khas Bali

Kuliner khas Bali memiliki keunikan tersendiri. Tapi budaya yang tumbuh dari akar yang sama pastinya membuat kesamaanya juga banyak kalau dibandingkan dengan kekayaan kuliner khas wilayah lain di tanah air. Apalagi daerah-daerah yang berdekatan seperti [...]

  • Pie Kacang Bali

Pie Kacang Bali

Pia kacang Bali mungkin masih agak asing di kebanyakan telinga. Selama ini yang populer sebagai oleh-oleh Bali adalah pia dan pai susu. Saking populernya, toko pia dan pai susu yang paling populer dan dipercayai banyak [...]