Lihat Foto-Foto Lainnya
Pilih Paket Wisata

Hotel dan Akomodasi Lain yang Terdekat

Meskipun berada di jalur lalulintas utama, lokasi Pantai Soka relatif terpencil, jauh dar kedua kota terdekat yang mengapitnya, Tabanan maupun Negara. Hotel memang ada, jangankan yang dekat, di lokasi Pantai Soka itu sendiripun ada hotel. Meskipun begitu kebanyakan wisatawan lebih memilih untuk hanya berkunjung atau transit, tidak menginap disini.

Hotel Bintang 2 Bali

Soka Indah Restaurant & Bungalows

Mulai dari Rp. 247.934 / malam.
Hotel Bintang 3 Bali

Villa Rumah Pantai

6 kamar, dari Rp. 3.600.000 / malam.
Hotel Bintang 4 Bali

Balian Villa Bali

Mulai dari Rp. 693.500 / malam.
Villa di Bali

Balian Paradise Resort

Mulai dari Rp. 300.000 / malam.
Hotel di Bali Lainnya
Suatu kali saya pernah mendengar seorang wisatawan yang berdebat mengatur agenda wisata bilang “Udahlah masa pantai lagi pantai lagi, semua pantai juga sama!” Pernah mendengar orang berpendapat seperti itu? Atau mungkin anda sendiri juga mempunyai pendapat yang sama? Kenyataanya tidak seperti itu, pernyataan itu merupakan pendapat yang salah besar. Indonesia yang terdiri dari 13.466 pulau memiliki bentangan garis pantai sepanjang hampir 100.000 kilometer (tepatnya 99.093 km) dan nyatanya tidak ada dua pantai yang sama persis, Itulah makanya mereka yang tinggal di Jakarta rela merogoh saku dalam-dalam untuk pergi ke Bali, Lombok, Pulau Derawan, Teluk Tomini, Bandaneira, dan tempat-tempat lain yang dikenal memiliki pantai yang indah.

Bali sendiri memiliki panjang pantai 430 kilometer, ada banyak pantai dan sebagian diantaranya populer bahkan sampai ke seluruh pelosok dunia, semuanya indah, dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri, bahkan pantai yang letaknya berdekatan sekalipun. Sebut saja antara Pantai Nusadua dan Pantai Tanjung Benoa, atau antara Pantai Kuta dan Pantai Seminyak.

Wisatawan yang berkunjung ke Bali dengan jalur darat melalui Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk biasanya dibuat terpesona oleh kecantikan Pantai Soka. Pantai yang berada di tepi jalan utama yang menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk dan Kota Denpasar. Padahal di sepanjang perjalanan melintasi pesisir utara Pulau Jawa mereka pasti sudah melihat banyak pantai lain. Posisi Pantai Soka ini kurang lebih di pertengahan perjalanan antara Gilimanuk dan Denpasar. Rute ini biasanya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3 sampai 4 jam, jadi dari ujung manapun perjalanan dimulai, saat mencapai Pantai Soka yang berada di titik tengah ini memang biasanya badan kita sudah mulai terasa penat dan minta beristirahat.

Meskipun kebanyakan pesisir selatan Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Tabanan terdiri dari pantai berpasir, bentangan Pantai Soka tidak terlalu panjang. Di ujung berat ada muara sungai yang memisahkan dengan Pantai Balian yang berada di seberang muara, sementara di ujung timur ada tebing karang. Tetapi meskipun bentangannya tidak terlalu panjang, berpadu dengan gugusan karang, pasir di Pantai Soka lebar dan landai, sehingga meskipun ombaknya cenderung besar, kebanyakan pengunjung merasa cukup aman dan nyaman untuk sekedar bermain air.

4 Titik Menarik di Pantai Soka

Untuk mereka yang hanya ingin bersantai menikmati keindahan panorama, ada empat titik yang menarik di Pantai Soka. Pertama adalah gugusan batu karang di antara pasir pantai dan lautan yang berada di bagian timur pantai. Bentuk gugusan karang ini tidak menyerupai tebing tetapi melebar. Entah dilihat darimana tapi sering disebut bahwa gugusan batu karang ini memiliki bentuk yang menyerupai kuali. Konon kuali ini dulu bekas dipakai oleh tokoh legenda bernama Kebo Iwa yang memasak makanan saat melakukan perjalanan ke Pulau Jawa. Saat saya mendebat dengan menyatakan bahwa saya tidak melihat bentuk gugusan karang tersebut menyerupai sebuah kuali, seorang penduduk setempat yang menceritakan kisah ini dengan tangkas mengatakan “Itu karena kualinya memang sudah pecah.”

Di belakang gugusan karang tersebut adalah kawasan milik Soka Indah, sebuah rest area terpadu yang dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari parkir yang luas, minimarket, restoran, toilet, taman yang asri, bahkan hotel dan panggung pertunjukan. Yang menarik dari Soka Indah adalah Museum Ogoh Ogoh yang memajang belasan Ogoh Ogoh yang disumbangkan dari sejumlah banjar di sekitarnya. Ogoh-ogoh adalah patung raksasa yang mewakili kejahatan. Patung-patung ini dibuat dari bahan-bahan ringan yang mudah terbakar sehingga bisa digotong beramai-ramai untuk diarak dalam ritual yang digelar setahun-sekali pada Malam Pengerupukan, malam sebelum Hari Raya Nyepi bagi Umat Hindu. Biasanya setelah diarak patung-patung ini kemudian dibakar, sebagai simbol sirnanya kejahatan dari hati dan fikiran manusia saat memasuki tapa berata penyepian.

Biasanya ogoh-ogoh hanya bisa dilihat saat diarak pada Malam Pengerupukan. Tapi kalau anda tidak berada di Bali di sekitar perayaan Nyepi, sekarang bisa melihat sosok-sosok mengerikan itu di Museum Ogoh Ogoh yang berada di Pantai Soka ini.

Berada di tengah-tengah adalah pangkalan nelayan. Hampir sepanjang waktu tempat ini sepi karena aktivitas nelayan hanya dilakukan beberapa saat sebelum melaut dan setelah mendarat saja. Selama para nelayan itu sedang berada di lautan dan saat mereka beristirahat di rumah masing-masing, praktis tempat ini sepi. Hanya ada jejeran perahu dan aneka peralatan menangkap ikan lain. Ada beberapa warung sederhana yang menawarkan makanan dan minuman ringan selain tempat untuk bersantai menikmati panorama pantai. Yang agak berat ada juga, tapi paling-paling hanya mi rebus.

Di ujung barat ada muara dengan arus yang biasanya cukup deras. Keberadaan muara di pesisir mungkin bukanlah hal yang luar biasa. Tapi muara di Pantai Soka ini cukup unik. Dua sungai bertemu menjadi satu di sebuah titik di dekat pantai. Kalau diperhatikan di jalan raya ada dua jembatan yang berdekatan, terpisah hanya sebuah bangunan restoran. Dari titik ini sungai terbelah dua lagi sebelum akhirnya mencapai laut, sehingga ada sebuah pulau kecil yang diapit sungai pada dua sisi dan lautan pada sisi yang ketiga.

Menuju Pantai Soka

Lokasi Pantai Soka lumayan jauh dari sentra-sentra pariwisata utama Bali seperti Kuta, Sanur, Ubud, dll. bahkan dari Ibu Kota Denpasar-pun cukup jauh, erlu waktu sekitar 1.5 sampai 2 jam berkendara dari Denpasar. Karena itu kebanyakan wisatawan tidak sengaja pergi untuk mengunjungi pantai ini, tetapi sekalian beristirahat dalam perjalanan, entah antara Denpasar dan Gilimanuk atau antara kawasan wisata populer seperti Kuta dan tempat wisata di sisi barat Pulau Bali seperti Taman Nasional Bali Barat.

Wisatawan yang berkunjung ke Bali lewat darat khususnya dari Pulau Jawa akan melintasi kawasan ini dalam perjalanan dari Gilimanuk menuju Denpasar lanjut ke Kuta, Sanur, dan lain-lain. Saat pulang pastinya juga, dari arah sebaliknya Denpasar menuju Gilimanuk, kecuali kalau memilih rute memutar melalui utara seperti Singaraja, Lovina, dan Pemuteran. Melintasi rute itu, biasanya Pantai Soka menjadi pilihan untuk transit dan beristirahat. Sekali merengkuh dayung dua pulau terlampaui, melepas lelah dapat, panorama indahnya juga dapat.

Kalau anda menginap di Bali Selatan seperti Kuta, Sanur, dan lain-lain, berkendaralah menuju Gilimanuk melalui Denpasar. Selepas Kota Tabanan, mungkin masih perlu sekitar setengah jam lagi untuk mencapai Pantai Soka. Tandanya cukup mudah, ada rest area yang cukup luas dengan plang merk yang sangat besar bernama Soka Indah di sisi kiri jalan. Bisa memilih untuk masuk ke pantai melalui rest area ini, atau melaju sedikit lagi lalu berbelok ke kiri melalui jalan kecil yang berakhir di pangkalan nelayan, persis di bibir Pantai Soka.

Catatan

  • Jaraknya lumayan jauh, kalau sengaja ke Pantai Soka, sebaiknya sekalian saja seharian eksplorasi kawasan barat Pulau Bali, misalnya ke Taman Nasional Bali Barat.
  • Ada beberapa restoran di kawasan ini, tapi yang “recommended” rasanya tidak ada. Sebaiknya memilih makanan dan minuman ringan saja, sekedar teman menikmati panorama.
  • Pilihan untuk memasuki pantai, bisa dari rest area Soka Indah yang memiliki lapangan parkir beraspal yang luas dan beberapa fasilitas lain, bisa juga melalui pangkalan nelayan.
  • Masuk lewat rest area harus bayar, parkir plus tiket masuk, sementara di pangkalan nelayan gratis.
  • Tidak ada rambu-rambu keselamatan apalagi balawisata, sementara itu ombaknya relatif besar, jadi kalau mau bermain air apalagi berenang, berhati-hatilah.

Tempat Wisata Lain yang Berdekatan

Berada di perbatasan antara Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Jemmbrana, Pantai Soka mungkin terkesan jauh dari mana-mana. Tapi sebetulnya justru sebaliknya, jaraknya dekat dengan banyak tempat wisata yang berada di kedua kabupaten tersebut. Bahkan ada juga jalan tembus yang membuat Kabupaten Buleleng di utara Bali juga cukup mudah dicapai.

Tempat Wisata Pantai Balian Bali

Pantai Balian

Tempat Wisata Bunut Bolong Bali

Bunut Bolong

Tempat Wisata Pura Luhur Srijong Bali

Pura Srijong

Tempat Wisata Pantai Delod Berawah Bali

Pantai Delod Berawah

Tempat Wisata Pelabuhan Pengambengan Bali

Pelabuhan Pengambengan

Tempat Wisata Bendungan Palasari Bali

Bendungan Palasari

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Tempat Wisata di Bali Lainnya

Restoran dan Fasilitas Wisata Lain yang Terdekat

Pantai Soka berada di kawasan perbatasan antara Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Jembrana, jauh dari ibukota kedua kabupaten tersebut. Karena itu pilihan restoran dan fasilitas wisata relatif terbatas, meskipun tersedia. Umumnya pilihaan menunya terkonsentrasi pada masakan Bali

Restoran Soka Indah Bali
Review Restoran Soka Indah Bali

Soka Indah

Tides Restaurant Bali
Review Tides Restaurant Bali

Tides Restaurant

Rest Area Pantai Indah
Review Rest Area Pantai Indah Bali

Rest Area Pantai Indah

Suito's Bamboo Terrace Bali
Review Suito's Bamboo Terrace Bali

Suito’s Bamboo Terrace

Restoran di Bali Lainnya