Lihat Foto-Foto Lainnya
Pilih Paket Wisata

Hotel dan Akomodasi Lain yang Terdekat

Karena beken di kalangan peselancar dunia, meskipun terpencil tidak sulit mendapatkan hotel di seputaran Pantai Medewi ini. Banyak pilihan tersedia dan umumnya cukup baik karena kebanyakan konsumennya wisatawan asing. Dari guesthouse untuk backpackers sampai villa mewah yang dilengkapi kolam renang pribadi semua ada.

Hotel Bintang 1 Bali

Dikaloha Surfcamp

Mulai dari Rp. 180.000 / malam.
Hotel Bintang 3 Bali

Medewi Surf Villa

Mulai dari Rp. 449.000 / malam.
Hotel Bintang 4 Bali

Sea Medewi Resort

Mulai dari Rp. 700.000/ malam.
Hotel Bintang 4 Bali

Puri Dajuma Beach Eco Resort

Mulai dari Rp. 1.465.912 / malam.
Hotel di Bali Lainnya
Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat ini menyebut Pantai Medewi sebagai “keindahan yang terlewatkan”. Tidak salah sih, karena memang kenyataannya sangat sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai yang unik dan memiliki panorama indah ini. Berada di jalur sibuk antara Gilimanuk dan Denpasar yang sehari-harinya dilalui aliran wisatawan yang mengunjungi Bali melalui jalur darat tidak membuat Pantai Medewi dibanjiri pengunjung. Apalagi di sepanjang jalur yang sama juga ada pantai-pantai lain yang pastinya juga tidak kalah indah.

Mengapa jarang wisatawan yang berkunjung ke Pantai Medewi? Alasan utamanya pasti jarak yang cukup jauh baik dari Kota Denpasar maupun pusat-pusat konsentrasi pariwisata lain di Bali Selatan seperti Kuta, Sanur, dan lain-lain. Dengan lalu lintas yang cenderung selalu padat, perlu waktu sekitar 2 sampai 2.5 jam untuk menempuhnya. Sementara itu wisatawan yang berkunjung ke Bali melalui jalan darat dan melintas di jalur Gilimanuk – Denpasar juga lebih banyak yang memilih untuk berhenti di beberapa pantai lain yang tersebar di sepanjang rute ini, seperti Pantai Soka, Pantai Selabih, dan Pantai Yeh Lay. Bukan hanya karena tidak kalah indah dibandingkan Pantai Medewi, ketiga pantai tersebut berada persis di tepi jalan sehingga keberadaan dan keindahannya langsung terlihat dari kejauhan saat melintas.

Tapi bagi mereka yang bersedia menyisihkan tenaga dan meluangkan waktu untuk berkunjung ke pantai ini, jarangnya pengunjung justru menjadi kelebihan tersendiri, bisa menikmati suasana dan keindahan pantai tanpa terganggu hiruk-pikuk wisatawan lain.

Bentangan Pantai Medewi cukup panjang sebelum akhirnya dibatasi oleh gugusan karang di kedua ujungnya. Ada kombinasi antara pantai dan kawasan wisata dengan hotel, warung, cafe, dll. Ada kombinasi antara pantai dan desa nelayan. Ada kombinasi antara pantai dan sawah. pantainya yang landai dan berpasir hitam juga unik. Ada bagian yang diselimuti batu-batu besar yang ukurannya bahkan lebih besar dari buah kelapa. Adal bagian yang diselimuti batu-batu kecil yang ukurannya lebih kecil dari kepalan tangan. Ada juga bagian yang diselimuti pasir seperti pantai-pantai lainnya. Sepanjang bentangan pantai ini juga ada muara sungai. Bukan hanya satu, di sepanjang bentangan Pantai Medewi ada 3 muara sungai.

Pantai Medewi Merupakan Salah Satu Surfing Spot Dunia

Jika kebanyakan “wisatawan biasa” memilih untuk melewatkan Pantai Medewi, ada segolongan kecil wisatawan yang justru sengaja datang ke pantai ini. Bukan hanya sekedar lewat tapi menjadikannya tujuan utama. Bukan hanya menjadikannya tujuan satu-satunya tetapi menghabiskan waktu berhari-hari disini. Mereka adalah para peselancar yang datang dari berbagai penjuru dunia untuk menaklukkan ombaknya. Biasanya mereka sengaja datang dengan mobil atau sepeda motor sewaan dengan membawa papan selancar sendiri yang mereka bawa terbang dari negara asalnya dan dibawa-bawa kesana kemari selama mereka tinggal di Bali.

Konon karakter ombak di Pantai Medewi hanya cocok untuk peselancar yang sudah sangat berpengalaman.

Selain panoramanya yang indah, Pantai Medewi memiliki ombak yang dikenal bagus untuk berselancar. Bukan hanya sekedar enak atau asik, tetapi sangat menantang. Daya tarik yang satu ini tidak dimiliki pantai-pantai lain di kawasan yang sama seperti Pantai Soka dan pantai-pantai lainnya. Bagi para peselancar ini, yang menarik di kawasan ini hanya Pantai Medewi. Mereka sengaja menempuh perjalanan puluhan kilometer hanya untuk ombak Pantai Medewi. Karena kondisi ombak setiap hari berbeda, banyak diantara mereka yang menghabiskan waktu tinggal berhari-hari di pantai ini.

Pantai Medewi Memiliki Fasilitas Wisata Paling Lengkap

Karena kebanyakan pengunjungnya adalah wisatawan asing yang menghabiskan cukup banyak waktu disini, Pantai Medewi memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap dibandingkan dengan pantai-pantai lain di dekatnya yang justru dikunjungi lebih banyak wisatawan. Soal pengisi perut di Pantai Medewi tersedia dari warung sederhana sampai restoran bergaya cafe yang menawarkan menu-menu internasional. Untuk akomodasi di Pantai Medewi kita bisa menemukan penginapan murah untuk wisatawan backpackers sampai villa mewah yang dilengkapi kolam renang pribadi.

Menuju Pantai Medewi

Meskipun berada di perbatasan antara Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Jembrana, Pantai Medewi ini termasuk wilayah Kabupaten Jembrana. Perlu waktu setidaknya 2 jam untuk mencapai pantai ini dari Denpasar atau kawasan-kawasan wisata populer seperti Kuta dan Sanur. Seperti Pantai Soka, Pantai Medewi ini juga berada di antara Denpasar dan Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, tapi Pantai Medewi ini sudah lebih dekat ke Gilimanuk daripada ke Denpasar.

Kita gunakan Pantai Soka yang sangat mudah terlihat sebagai patokan. Dari arah Denpasar, selepas Pantai Soka sepanjang perjalanan suasananya relatif sepi. Kiri-kanan lebih banyak pantai, tegalan, dan sawah daripada pemukiman penduduk. Sekitar setengah jam dari Pantai Soka kita akan memasuki kawasan yang cukup ramai, padat pemukiman penduduk, toko, kantor, sekolah, dll. Ini adalah Ibukota Kecamatan Pekutatan. Lewati terus, saat melewati kawasan padat akan terlihat sawah cukup luas di sisi kiri jalan, kemudian jalan akan menikung ke kanan. Pelankan kendaraan lalu perhatikan sisi kiri.

Setelah tikungan akan ada jalan kecil ke arah kiri. Ada tulisan Jalan Pantai Medewi tapi kecil, jadi sangat mudah terlewatkan. Ada juga plang beberapa hotel. Masuk ke jalan itu, selang beberapa menit anda akan mencapai Pantai Medewi yang berada di ujung jalan.

Catatan

  • Saat mencari pantai ini harus pasang mata baik-baik, karena jalan masuknya agak tersembunyi.
  • Meskipun tersembunyi, fasilitas wisata cukup banyak tersedia, hotel, restoran, dll.
  • Kalaupun anda bukan surfer berpengalaman, datang saja, pantai ini sangat cantik.
  • Kalau anda bukan surfer, perjalanan ke pantai ini biasanya hanya sambil lewat, disatukan dengan kunjungan ke tempat wisata yang searah.

Tempat Wisata Lain yang Berdekatan

Meskipun dekat dengan perbatasan Kabupaten Tabanan, tema Pantai Medewi ini lebih sesuai dengan Kabupaten Jembrana tempatnya berada. Tempat wisata menarik di Kabupaten Jembrana lumayan banyak, dari yang berada di seputaran Kota Negara sampai jauh di ujung barat Bali, Taman Nasional Bali Barat dan Pulau Menjangan.

Tempat Wisata Pantai Balian Bali

Pantai Balian

Tempat WIsata Bunut Bolong Bali

Bunut Bolong

Tempat Wisata Pura Luhur Srijong Bali

Pura Srijong

Tempat Wisata Pantai Delod Berawah Bali

Pantai Delod Berawah

Tempat Wisata Pelabuhan Pengambengan Bali

Pelabuhan Pengambengan

Tempat Wisata Bendungan Palasari Bali

Bendungan Palasari

Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat

Tempat Wisata di Bali Lainnya

Restoran dan Fasilitas Wisata Lain yang Terdekat

Pantai Medewi boleh dibilang sebagai kampung surfer. Karena jaraknya yang lumayan jauh dan ombak tidak selalu bagus sehingga kadang-kadang harus ditunggu, kebanyakan surfer menghabiskan waktu tinggal lumayan lama, bisa beberapa hari. Karena itu soal makan dan minum bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Meskipun tersedia, tetapi pilihan tidak terlalu banyak,

Suito's Bamboo Terrace Bali
Review Suito's Bamboo Terrace Bali

Suito’s Bamboo Terrace

Rest Area Pantai Indah Selabih Bali
Review Rest Area Pantai Indah Selabih

Rest Area Pantai Indah

Restoran Soka Indah Bali
Review Restoran Soka Indah Bali

Soka Indah

Tides Restaurant Bali
Review Tides Restaurant Bali

Tides Restaurant

Restoran di Bali Lainnya