Lihat Foto-Foto Lainnya
Pilih Paket Wisata

Hotel dan Akomodasi Lain yang Terdekat

Meskipun Pantai Pandawa mudah dicapai dengan berkendara, tempatnya tetap saja cukup terpencil, jauh dari pusat-pusat konsentrasi pariwisata. Ada banyak villa mewah berdiri di sepanjang bibir tebing tepat di atas Pantai Pandawa, banyak diantaranya bisa disewa, tapi harganya umumnya lumayan, ratusan sampai ribuan dolar per malam. Hotel-hotel terdekat ada di sepanjang Jalan Raya Uluwatu, beberapa kilometer jaraknya.

Hotel Bintang 5 Bali

Nusadua Retreat Boutique Villa Resort & Spa

Mulai dari Rp. 1.389.669 / malam.
Hotel Bintang 4 Bali

Ocean Valley Village Villas

Mulai dari Rp. 661.157 / malam.
Hotel Bintang 3 Bali

Casa di Ungasan Suite & Residence

Mulai dari Rp. 327.273 / malam.
Hotel Bintang 2 Bali

RedDoorz @Pecatu

Mulai dari Rp. 185.950 / malam.
Hotel di Bali Lainnya
Tidak seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, dan beberapa tempat wisata lain yang sudah terkenal sejak puluhan tahun yang lalu, Pantai Pandawa merupakan salah satu tempat wisata yang baru-baru ini mulai populer. Memang tidak ada yang namanya pantai baru, semua pantai pasti sudah dari dulu ada. Hanya saja pantai yang dahulu bernama Pantai Kutuh mengikuti nama desa tempatnya berada ini dulu sangat jarang dikunjungi wisatawan, bahkan keberadaannyapun sangat jarang yang mengetahui. Penyebabnya adalah selain tempatnya yang jauh dari pusat-pusat pariwisata, medan yang harus dilalui untuk mencapai pantai ini juga sangat berat. Setelah melintasi berkilo-kilometer jalan berbatu pengunjung masih harus menuruni tebing curam melalui ratusan anak tangga yang sangat sederhana.

Beberapa tahun lalu pemerintah membuka akses menuju Pantai Kutuh ini dengan menyulap jalan batu yang sempit menjadi jalan 4 lajur beraspal mulus layaknya jalan tol. Tebing karang diiris dengan alat-alat berat sehingga tangga untuk menuruni tebing sudah tidak diperlukan lagi. Sepeda motor, mobil, bahkan bis-bis pariwisata berukuran raksasa dapat dengan mudah mencapai lapangan parkir yang tersedia di bibir pantai. Selain membuka akses jalan, berbagai fasilitas untuk wisatawan dibangun. Jalan berpaving sepanjang pantai, jejeran kios yang dipakai penduduk menjajakan makanan dan minuman, toilet, bahkan sebuah wantilan besar tempat para pengunjung berteduh jika matahari di pantai dirasa terlalu menyengat.

Setelah akses dibuka dan seluruh kawasan ditata, disematkanlah nama baru, Pantai Pandawa. Seakan menegaskan nama ini, pada tebing karang yang menjulang di sisi kiri jalan masuk dibuat ceruk-ceruk besar menyerupai goa dimana patung-patung raksasa tokoh-tokoh pewayangan dari Keluarga Pandawa berdiri gagah menghadap lautan.

Bentangan Pantai Pandawa cukup panjang, lebih dari satu kilometer, diapit gugusan karang di kedua ujungnya. Pasirnya yang putih bersih berpadu dengan air laut yang berwarna kehijauan di tepi dan semakin membiru ke arah cakrawala menjadikan banyak pengunjung setuju bahwa Pantai Pandawa ini merupakan salah satu pantai terindah di Bali, bahkan mengalahkan pantai-pantai Bali yang sudah puluhan tahun dikenal wisatawan karena keindahannya. Bentangan pasirnya sangat landai sementara tekstur pasirnya padat tapi halus, sangat nyaman di kaki. Air lautnya yang jernih memiliki ombak yang relatif tenang sehingga aman bahkan untuk mereka yang tidak pandai berenang sekalipun.

Terik matahari mungkin membuat kita tidak nyaman berlama-lama bersantai di atas pasir pantai. Ada banyak pilihan untuk bersantai lebih nyaman. Pertama kita bisa menyewa payung yang memang sengaja disediakan di sepanjang tepi pantai, lengkap dengan bangku pantai yang dapat dipakai untuk duduk-duduk maupun rebahan. Kedua bisa duduk-duduk di salah satu kios pedagang sambil menikmati makanan dan minuman dingin yang disajikan pemilik kios. Ketiga bisa bersantai di sebuah wantilan besar yang memang sengaja disediakan untuk pengunjung. Di Pantai Pandawa memang hampir tidak ada pohon besar yang dapat dijadikan tempat berteduh.

Aktivitas di Pantai Pandawa

Soal aktivitas, Pantai Pandawa sepertinya memang cocok untuk semua orang. Anda yang ingin sekedar bersantai dengan duduk-duduk menikmati keindahan panorama, sudah pasti bisa. Pantainya yang landai dan ombaknya yang relatif tenang membuat pantai ini juga aman dan nyaman untuk berenang atau sekedar bermain air dan pasir. Kalau anda menginginkan sedikit tantangan, bisa menyewa kano yang disediakan lengkap dengan dayungnya. Untuk tantangan yang lebih dahsyat lagi, anda bisa bergabung dengan banyak peselancar yang datang dari seluruh penjuru dunia di dekat gugusan karang di ujung timur pantai ini. Disana ombaknya cukup menantang untuk ditaklukkan di atas papan selancar.

Perbedaan karakter ombaknya inilah mungkin yang membuat Pantai Pandawa seolah-olah terbagi dua. Sisi timur dan sisi barat. Dengan air lautnya yang cenderung tenang, wisatawan domestik cenderung terkonsentrasi di sisi barat. Sementara ombak besar yang dicari para peselancar membuat sisi timur menjadi pilihan para wisatawan asing. Perbedaan ini bukan hanya tercermin dari warna kulit para para pengunjung tapi juga makanan dan minuman yang disajikan para pedagang. Di sisi barat pedagang lebih banyak menyajikan kelapa muda sementara di sisi timur pedagang lebih banyak menyajikan bir.

Snorkeling di Pantai Pandawa

Sedikit berpetualang melintasi gugusan karang di ujung barat Pantai Pandawa kita akan menemukan pantai kecil yang tersembunyi. Bagi mereka yang hanya menikmati pantai dengan berfoto-foto atau sekedar bermain air mungkin memang tidak terlalu terasa perbedaannya. Tetapi untuk mereka yang tertarik dengan keindahan yang tersembunyi di bawah birunya permukaan laut, pantai ini menyimpan daya tarik yang luar biasa. Berbekal peralatan snorkel kita bisa menikmati keindahan terumbu karang tanpa harus jauh-jauh berperahu ke tengah laut. Cukup berenang sedikit ke tengah dari pantai.

Menuju Pantai Pandawa

Menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Bali, sekarang tidak lagi sulit mencari jalan menuju Pantai Pandawa. Bertanya pada siapapun di jalan, kemungkinan besar mereka tahu persis arah yang benar. Petunjuk-petunjuk di jalanpun cukup jelas untuk memandu sampai ke pantai ini. Berikut adalah petunjuk sederhana supaya anda tidak harus bertanya-tanya sepanjang jalan.

Dari seputaran Kuta, arahkan kendaraan menuju Nusadua. Selepas bundaran Airport, anda akan melewati 1 perempatan dengan lampu merah dimana ada pertokoan Benoa Square di sisi kiri. Lurus terus. Di perempatan berikutnya, belok kanan menuju arah Pura Uluwatu. Patokanannya ada Mc Donalds dan KFC di kanan jalan. Ikuti jalan berkelok dan naik turun melintasi kawasan Kampus Universitas Udayana. Ada pertigaan dimana ada SPBU Pertamina di pojok kanan, ambil kiri.

Lanjut terus, setelah melewati tempat wisata GWK, siap-siap pasang mata. Anda akan bertemu dengan perempatan kecil. Kalau memperhatikan rambu penunjuk arah, lurus menuju Pura Uluwatu, kanan menuju Pantai Balangan, ambilah jalan ke kiri menuju Pantai Pandawa. Ikuti jalan ini sampai anda menemukan jalan besar berbelok tajam ke arah kiri, tapi ada jalan lebih kecil lurus. Ambil arah kiri, anda akan bertemu dengan jalan lebar dengan 4 lajur. Ikuti terus sampai menemukan bundaran dengan petunjuk arah ke kanan menuju Pantai Pandawa. Ikuti petunjuk sampai anda menemukan tempat yang dituju.

Catatan

  • Tidak ada jam buka dan tutup, tapi sepelas senja semua orang pulang dan kawasan ini menjadi sangat sepi.
  • Tidak bayar tiket, hanya bayar masuk kendaraan dan bayar parkir saja.
  • Banyak warung makanan dan minuman, tapi kalau anda memilih restoran berkelas, harus mencari cukup jauh.
  • Pantai di sisi kanan untuk berenang dan bersantai, pantai di sisi kiri untuk surfing.

Tempat Wisata Lain yang Berdekatan

Seputaran kawasan Bukit Jimbaran dimana Bali Honeymoon Beach ini berada memang banyak memiliki pantai-pantai indah yang tersembunyi di bawah kaki tebing. Yang terdekat diantaranya Pantai Tegal Wangi yang terkenal sebagai tempat foto wedding dan pre-wedding dan Pantai Kubu di kawasan Ayana Resort.

Pantai Mengiat

Puja Mandala

Paragliding di Bukit Timbis

Pantai Nusadua

Waterblow Nusadua

Watersport di Tanjung Benoa

Naik Unta di Nusadua

Pantai Green Bowl

Pantai Tanjung Benoa

Tempat Wisata di Bali Lainnya

Restoran dan Fasilitas Wisata Lain yang Terdekat

Di Pantai Pandawa ada banyak warung yang menjajakan makanan dan minuman, bahkan ada restoran berkonsep beach club yang cukup representatif. Opsi lebih banyak bisa ditemukan di seputaran Jalan Raya Uluwatu yang berjarak beberapa kilometer saja dari pantai ini.

Review The Beach Club Pandawa Bali

The Secret Beach Club

Review Warung Pak Bos Bali

Warung Pak Bos

Review Restoran Mr. Po Chi Bali

Mr. Po Chi

Review Restoran 2RM Nonya Fusion Bali

2RM Nonya Fusion

Restoran di Bali Lainnya